4 Matra Kependudukan Bermasalah

COLOR THEME


BACKGROUND TEXTURE


Detail Berita

4 Matra Kependudukan Bermasalah

Posted by: Dispenduk Bangkalan

Pada tahun 2011 penduduk dunia diperkirakan telah mencapai 7 milyar. Indonesia menempati posisi ke-4 di dunia dengan penduduk 237,6 juta jiwa. Di mana, berdasarkan dokumen Grand Desain Pengendalian Kuantitas Penduduk, terungkap bahwa, keempat matra kependudukan di Indonesia, semuanya masih bermasalah, yaitu aspek kuantitas, kualitas, persebaran/mobilitas, dan data/administrasi kependudukan.

Ini disampaikan Direktur Analisis Dampak Kepen­dudukan BKKBN Pusat, Suyono Hadinoto saat membuka seminar Executive Pembangunan Berwawasan Kepen­dudukan di hotel Ina Muara Padang, Kamis (20/6).

“Dari sisi kualitas, jumlah penduduk Indonesia yang besar, ternyata tidak diimbangi dengan mutu sumber daya manusia yang memadai. Indeks Pembangunan Manusia atau HDI Indonesia pada tahun 2010 masih rendah, ditandai ranking Indonesia yang berada pada urutan 121 dari 187 negara di dunia (data UNDP, 2012),” ujarnya.

Dari sisi persebaran dan mobilitas penduduk, dijumpai ketimpangan persebaran penduduk yang tidak merata, dan terkonsentrasi hanya di pulau Jawa dan Madura. Sedangkan dari sisi data atau administrasi kependudukan, catatan rutin kependudukan atau registrasi vital penduduk belum terdokumentasi secara lengkap dan komprehensif.

“Setelah kita memasuki era desentralisasi saat ini, seringkali kita mendengar bahwa program Kependudukan dan KB tidak menjadi prioritas daerah, terutama daerah dengan jumlah penduduk masih jarang, atau yang PAD-nya rendah,” katanya.

Sumber : http://is.gd/4dVdoI